Sunday, October 16, 2011

another weekend

Weekend kemaren lumayan banyak kejadian 'seru'. Oke, mulai aja ya ceritanya.


Seharusnya udah dari bulan lalu Andra imunisasi, tapi pas jadwalnya Andra flu, jadi keterusan deh sampe sekarang. Awalnya bingung juga mau imunisasi dimana. Di Jakarta terakhir kan di KMC, dokternya sih enak tapi ya ituuuuu imunisasi aja hampir sejuta :p ya udah balik lagi deh ke DSA S di Pondok Indah. Bukan RS ya, tapi kayak klinik gitu, lumayan penuh. Dulu Andra pertama kali imunisasi di Jakarta ya di sini setelah nanya-nanya temen Ibu.

Pas imunisasi, ternyata dalam waktu hampir 2 bulan, Andra hanya naik 150 gr dan 1,5 cm! Heuheuheu.. Sedih banget Ibu, dikirain Andra udah 8 kilo lebih ternyata masih 7.950 gram :(
DSA S tanya "ini ASI bu?" trus akhirnya Ibu disuruh baca buklet gitu tentang manfaat dan keuntungan baby instant food dari NESTLE aja gitu. Huuuu.. promosi. Sebelumnya tapi dia sempet bilang sih, ini bukannya promosi, merk apa aja juga bisa, tapi tetep aja kan, kalo ibu-ibu yang udah parno liat BB anaknya segitu aja pasti paling ngga udah terdoktrin.


Ibu sih manggut-manggut aja pas si DSA ngomong kalo Andra mestinya dikasih makanan tambahan instan karena udah terukur gizinya, sedangkan homemade food itu belum jelas, istilahnya si ibu sok pinter aja bikin makanan anaknya sendiri, padahal dulunya masak air aja ngga bisa. 


Dia juga ngejelasin pentingnya zat besi untuk bayi ASI setelah 6 bulan (alias mau dikasih resep vitamin). Untungnya Ibu udah baca-baca sebelumnya mengenai defisiensi zat besi pada bayi, dan selama kita bisa dapet zat apapun yang baik untuk tubuh dengan cara alamiah, itu pasti lebih baik.


Berpatokan pada itu, Ibu cuek ngga mau dikasih resep vitamin, Ibu mau coba dulu kasih Andra makanan yang mengandung zat besi, karena makanan yang sedekat mungkin dengan aslinya pasti lebih baik dan penyerapannya lebih maksimal. 


Si DSA bilang gini, "waktu Ibu masak kan bahan makanan nutrisinya bisa berkurang, apalagi kalau masaknya ngga bener. Makanan instan ini diawasi ahli gizi bu, jadi sudah pasti aman untuk bayi dan bisa memenuhi kebutuhan gizinya". Lahhh.. I'm not against instant baby food, tapi selama bisa bikin sendiri (tentunya dengan pengetahuan cara-cara memasak yang bener) kenapa mesti yang instan? It's fabricated, must have some chemical involved, and in my opinion instant baby food was invented for those who doesn't have time to cook. Lha kalo bisa, kenapa ngga bikin sendiri?? Aneh banget kannn..


Jadi inget postingan sebelumnya mengenai DSA D di Bandung, apakah emang semua DSA sekarang menyarankan instant baby food?? Kayaknya gaya hidup yang serba instan udah ngga jaman deh :(


Oke selesai dari dokter, kita meluncur ke Citos mau makan. Ini pertama kalinya Ibu makan wagyu di Indonesia (asiknya lagi dibayarin Ayah sih hehehe..), emang empuk sih, tapi masih kalah empuk sama yang pernah Ibu cobain di Shizuoka (padahal waktu itu beli daging mentah, cuman dibumbu garam merica aja dan ga pake gravy, udah enaakkkk banget).


Abis dari Citos trus ke Bintaro, mau ke rumah Fini. Sebenernya udah janjian sebelumnya untuk ketemuan, tapi berhubung kita berdua punya anak bayi jadi jadwalnya mesti ngikutin si bayi kan.. Salah satu bayi cape, gajadi deh kemaren ketemuan hehe.. 


Karena udah lama banget ngga ketemu (Fini, Elin, Rafi tinggal di Doha, Qatar) jadinya ngga kerasa tiba-tiba udah sore lagi. Udah gitu Sofie dan Sigit juga dateng ke rumah Fini jadi deh ngumpull.. Akhirnya jam 5 pamit dan langsung ke rumah Mbak Asty karena ada Ayah dan Ibu di sana, mau ke kawinan anaknya om Tridi di Sahid. 


Besoknya, Ibu melaksanakan 2 tekad nih :
1. Naikin BB Andra 
2. Sembuhin ruam di burung Andra

jadinya :
1. Malem abis pulang dari rumah Mbak aAsty, niat banget dong masih ke Farmer's Market sendirian jam setengah 9. Soalnya Ayah nungguin Andra bobo, dan Ibu pengen beli bahan makanan untuk MPASI Andra. Akhirnya yang dibeli :
- brokoli organik
- daging cincang
- tahu sutera
- free range chicken alias ayam kampung organik yang harganya.. well masih lebih mahal daripada steak paling mahal di Suis Butcher :p padahal yaaaa logikanya si ayam nyari makan sendiri ga perlu obat-obatan yang mahal, tapi kenapa jadinya lebih mahal dari broiler?
Udah gitu malemnya Ibu siapin bahan-bahan untuk bubur Andra, isinya beras putih, brokoli, labu parang, tahu sutera (pas dikasih ke Andra masih ditambah puree bit jadi warnanya pink gitu lucu deh), dimasak di si Takahi.


2. Diputuskan Andra sementara ngga pake disposable diaper. Wadoooohh.. lumayan juga ya, masih mendingan kemaren hari Minggu masih ada Ayah yang bantuin Ibu. Jadi Andra pipis sekitar 5-6x selama pagi sampe sore. Udah gitu, pupupnya banyaaaaakkkkk dan seriiiinngg banget. Berikut warnanya ungu gitu karena abis makan bit 2 hari sebelumnya berturut-turut. Pokoknya yang bekas pipis langsung dicuci dan dijemur, kalo yang pupup ya dibersihin pupupnya dan direndem. Abis deh tuh cawat kain, celana, ma cloth diaper Andra dalam sehari hahaha.. Tapi hari ini Andra belum pupup (ini dah jam 3 sore) dan seharian ini udah pipis 4x kalo ga salah. Heuheu.. semoga aja Andra cepet sembuh ya ruamnya, kasian soalnya kayaknya gatel (atau perih? gatau juga deh)


Cerita heboh lainnya adalah, karena Andra udah mulai bisa berdiri walaupun pegangan (Andra juga udah makin aktif, udah ngga bisa diem, udah pengen berdiri-berdiri terus) jadi crib Andra kasurnya harus diturunin. Dan kalo diturunin, pintunya ga bisa dibuka-buka kalau kasur Ayah dan Ibu juga ga diturunin, maklum tempat terbatas hihihi..


Daaannn kalo mau turunin kasur Ayah dan Ibu, bagian bawahnya yang mau disimpen itukan gede tuh, jadinya mesti benerin dulu kamar sebelah untuk mendapatkan space yang cukup buat nyimpen si kaki kasur! Panjaaang impactnya. Jadilah barang-barang yang ada di kamar sebelah, yang ternyata banyak banget, dikeluarin semuanya untuk masukin kaki kasur itu.. Pokoknya Ayah kerja keras deh kemaren :D


Belom lagi cucian Andra yang numpuk belom disetrika, akhirnya dengan mata merem melek karena udah ngantuk Ibu setrika dulu deh sebelum tidur. 

Begitulah cerita weekend keluarga Meiriansyah. Pokoknya semangat teruss!! 

No comments:

Post a Comment